PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 3 TUBAN PADA MATERI KALOR

Authors

  • CICIK SILVIA HARI RAMADHON

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7E, mendeskripsikan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7E. Desain yang digunakan yaitu pre experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 3 kelas, yaitu X MIA 1 sebagai kelas implementasi, X MIA 2 sebagai kelas replikasi 1, dan X MIA 4 sebagai kelas replikasi 2, diambil untuk mengetahui konsistensi peningkatan hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan melalui observasi, pemberian pre-test sebelum diberikan perlakuan dan pemberian post-test setelah diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan model learning cycle 7E. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-berpasangan, uji gain ternormalisasi, analisis varians, dan analisis keterlaksanaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model learning cycle 7E berlangsung sangat baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai persentase keterlaksanaan pembelajaran di kelas implementasi, replikasi 1, dan replikasi 2 berturut-turut dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 yaitu 82.5%, 81.8%, dan 79.2% menjadi 93.5%, 87.0%, dan 84.1%. Berdasarkan uji gain ternormalisasi diperoleh kategori peningkatan hasil belajar siswa di kelas X MIA 1, X MIA2, dan X MIA 4 berturut-turut adalah 0.73, 0.70, dan 0.72 yang tergolong pada kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa konsisten di ketiga kelas penelitian. Aktivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung berada dalam kategori baik dengan persentase rata-rata kelas implementasi, replikasi 1, dan replikasi 2 berturut-turut sebesar 77.62%, 78.35%, dan 78.62%. Respon rata-rata siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan pada 3 kelas sampel berturut-turut berkisar antara 84.44%, 84.19%, dan 83.21%. Respon siswa berada dalam kriteria sangat baik.

Kata kunci : Learning Cycle 7E, hasil belajar, kalor  

Abstract

This research was conducted with the aim to describe feasibility learning by using a learning cycle 7E model, students learning outcome, students activity, and the students response after the implementation learning cycle 7E model. This research uses pre-experimental design  with uses research design is One-group pretest-posttest design. The samples used are 3 classes. They are  X-MIA 1 as the implementation class, X-MIA 2 as replication class 1 and X-MIA 4 as replication class 2, were taken to determine the consistency of students increased students learning outcome. The data collected  with observation, pre-test before treatment and post-test after treatment. The treatment is implementations learning cycle 7E models. The data collected is analysis uses test of normality, homogeneity, t in pair, normalized gain, varians analysis, and feasibility analysis. The results of this research can be concluded that the enforceability of the learning cycle 7E model is going very well. This is indicated by a percentage value of feasibility implementation, replication 1 and 2 respectively  from 1st meeting to the 2nd meeting are 82.5, 81.85% and 79.2%, become 93.5%, 87.0%, and 84.1%. Based on normalized gain test result that category increased students learning outcome in X MIA 1, X MIA 2, and X MIA 4  are respectively 0.73, 0.70 and 0.72 belong to the high category. The increases students learning outcomes is consistent in the three class of research. The students activities when learning is belong to the high category with the average percentage of students activity implementation, replication 1 and 2 respectively are 77.62%, 78.35%, and 78.62%. The average response of students to the learning model used in class 3 consecutive samples ranged from 84.44%, 84.19.2%, and 83.21%. Student responses are in very good criteria.

Keywords : Learning cycle 7E, students learning outcome, the matter of heat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2017

How to Cite

SILVIA HARI RAMADHON, C. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 3 TUBAN PADA MATERI KALOR. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19948
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 28