PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA PLANETARY ORBIT SIMULATOR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran berorientasi Guided Inquiry berdasarkan tingkat kevaliditasan, kepraktisan, dan keefektivitasan dengan menggunakan media Planetary Orbit Simulator. Ditinjau dari hasil validasi yang telah dilakukan oleh para ahli terhadap perangkat yang telah dikembangkan, dan uji coba terbatas terhadap keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Jenis penelitian ini digolongkan dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Analisis penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi Guided Inquiry yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari validasi dari para pakar, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Kelayakan perangkat pembelajaran meliputi silabus 84.38% dengan kategori baik, RPP 83.33% dengan kategori baik, buku Siswa 81.06% dengan kategori baik, LKPD 81.37% dengan kategori baik, dan lembar penilaian 84.62% dengan kategori baik. Pada uji coba terbatas keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 84.38 % sesuai dengan RPP, hasil belajar siswa menunjukkan persentase kelulusan sebesar 86.84 %, dan respon siswa menunujukkan persentase sebesar 90.00 % tertarik dengan perangkat pembelajaran dan metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Planetary Orbit Simulator.
Abstract
The purpose of the research is describing the expedience of guided inquiry learning equipment using planetary orbit simulator media. The development of equipment is considered from master lecturer’s validation and the limited test of the learning, students outcome, and students responses. the research is included of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The analysis of the research use quantitative description. The result of the research, showing the development of guided inquiry learning equipment is reasonable for physics learning observed from master of validation in learning, student activity, student response and student outcome. The expedience of learning equipment contents syllabus 84.38% in good category, RPP 83.33% in good category, student book 81.06% in good category, LKPD 81.37% in good category, and assessment sheet 84.62% in good category. In the limited test the result of the learning shows 84.38% as well as RPP, student outcome shows 86.84% in graduation, and student response shows 90.00% interest of learning equipment using and the way of teacher’s teaching.
Keywords: Learning Equipment, Guided Inquiry, Planetary Orbit Simulator.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

