PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM SUSUNAN PEGAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS
Abstract
Jarangnya dilakukan praktikum mengenai susunan pegas pada materi elastisitas dan belum adanya alat praktikum yang terintegrasikan dalam satu alat pada topik ini menjadikan alat praktikum susunan pegas perlu untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum susunan pegas yang layak dalam pembelajaran fisika pada materi elastisitas. Metode penelitian menggunakan model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Reiser dan Molenda. Tahapan yang dilakukan dimulai dari tahap analisis (Analysis), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap implementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Hasil penelitian memperoleh validitas alat dengan kategori sangat valid yang berdasar pada persentase rata-rata validasi konstruk oleh para ahli sebesar 88% dan taraf ketelitian alat praktikum secara umum >98%. Selain itu, alat praktikum susunan pegas yang dikembangkan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran berdasar pada hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran dan respons peserta didik yang secara umum mencapai >81% dengan kategori sangat kuat. Hasil penilaian kognitif meningkat secara signifikan dilihat dari pre-test dan post-test, sehingga alat praktikum susunan pegas yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi elastisitas. Nilai rata-rata hasil belajar terintegrasi dari kelas uji coba sebesar 73, 74, dan 79 dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa alat praktikum layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi elastisitas karena memenuhi dari segi valid, praktis, dan efektif.
Kata Kunci: kelayakan alat praktikum, media pembelajaran, susunan pegas.
Abstract
It’s rarely to do a lab work about structure spring and there’s not instrument lab work yet about this subject which integrated in one apparatus renders this instrument lab work need to be developed. This research aims to develop instrument lab work of the structure spring, which are properable in learning physics on elasticity subject. Using methods of ADDIE model which had been developed by Reiser and Mollenda. The phases which are executed starting from the analysis (Analysis), the planning stages (Design), developmental stages (Develop), the implementation stages (Implement) and the evaluation stages (Evaluate). The results of this study getting instrument validity which has perfectly valid category based on the percentage of the average construct validation, by authorities amount of 88% and the level of accuracy instrument in general is >98%. Furthermore, this instrument lab work of the structure spring which developed impracticable for using as a learning media, based on the outcome of the percentage of the implementative learning and the response students reach >81% which strong category. The cognitive score from the results of pre-test and post-test increased significantly so that instrument lab work of the structure spring which developed can be explained effective to use as a learning physics media on the matter elasticity. The average study results integrated from treatment class acquire score are 73, 74 and 79 with good category. The conclusions from this study is the instrument lab work of the structure spring proper to use as media in learning physics on matter elasticity subject because it fill in terms of valid, practical and effective.
Keywords: feasibility instrument lab work, learning media, the structure spring.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

