Penerapan Model Guded Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kalor di SMA Khadijah Surabaya

Authors

  • ADNIN ULFA YUNIANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model guided discovery pada pembelajaran Fisika materi kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan desain pre-test and post-test group. Penelitian ini dilakukan di SMA Khadijah Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X MIA 4 sebagai kelas replikasi yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan analisis uji-t peningkatan untuk mengetahui signifikansi peningkatan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) persentase rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model guided discovery pada kelas eksperimen dan kelas replikasi berturut turut sebesar 84,72% dan 86,49% dengan kategori sangat baik. (2) Hipotesis yang diajukan, H0 yaitu peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tidak signifikan dan H1 yaitu peningkatan keterampilan siswa signifikan. Berdasarkan analisis uji-t peningkatan, diperoleh bahwa thitung ≥ttabel, untuk thitung kelas eksperimen dan kelas replikasi berturut-turut sebesar 27,18 dan 40,51 dengan ttabel sebesar 1,689 dan 1,692 maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada kedua kelas mengalami peningkatan yang signifikan. (3) Persentase rata-rata respon siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model guided discovery pada kelas eksperimen dan kelas replikasi berturut-turut memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,69% dan 79,37%  dengan kategori baik.

Kata Kunci: Model Guided Discovery, Keterampilan berpikir kritis, kalor, dan respon siswa.

Abstract

The purpose of this research are to describe learning implementation, increase the student’s critical thinking skills, and student’s responses to the application of guided discovery in material learning of physics that is heat. The type of this research pre-experimental with pre-test and post-test group design. This research was conducted in SMA Khadijah Surabaya in the second semester of the 2015/2016 academic year. The subjects were two classes, X MIA 3 as the experimental class there are 36 students and XMIA 4 as a replication class there are 34 students. The data of this research was collected through observation, testing, and questionnaires. Pre-test and post-test data were analyzed by t-test analysis to determine the significance of the increase in critical thinking skills improvement. The results showed that, (1) the average percentage of implementation to the learning process with guided discovery model of the experimental class and replication class consecutive by 84.72% and 86.49% with a very good category. (2) The hypothesis, H0 namely to increase the critical thinking skills of students is not significant and H1 is a significant increase of student’s skills. Based on the t-test analysis improvement, obtained that tcount ≥ttable, to tcount experimental class and replication class, respectively for 27, 18 and 40, 51 with ttable 1,689 and 1,692 then H0 unacceptable and H1 accepted with 5% error level. It shows that the critical thinking skills of students in both classes have increased significantly. (3) The average percentage of student response after implementing the learning activities with guided discovery model in experimental class and replication class successively obtained average 78.69% and 79.37% with good category.

Keywords: Guided Discovery, critical thinking skills, heat, and student response.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2017

How to Cite

ULFA YUNIANTI, A. (2017). Penerapan Model Guded Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kalor di SMA Khadijah Surabaya. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19954
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 32