PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TICKER TIMER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS
Abstract
Alat peraga ticker timer termasuk dalam salah satu alat yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga mempermudah pemahaman siswa terhadap materi gerak lurus. Alat peraga ticker timer yang dikembangkan merupakan perbaikan dari alat peraga ticker timer yang telah ada yaitu dengan memanipulasi frekuensi ketikan sehingga menghasilkan skala pengukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga ticker timer sebagai media pembelajaran fisika pokok bahasan gerak lurus serta untuk mengetahui respon siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Validasi kelayakan alat peraga ticker timer yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika memperoleh skor rata-rata penilaian dari ahli adalah sebesar 80,06% dan kesalahan relatif alat 5% yaitu pada frekuensi 10 Hz dan 15 Hz (2) Berdasarkan lembar tes pengetahuan siswa didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,33% yang menunjukkan bahwa alat peraga ticker timer efektif digunakan dalam pembelajaran. (3) Kepraktisan penggunaan alat didapat dari hasil keterampilan siswa dengan persentase sebesar 89% yang menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan memberikan respon positif terhadap kemudahan penggunaan dan pengoperasian alat. (4) Respon siswa diperoleh dari angket menunjukkan persentase sebesar 94,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga ticker timer yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak lurus.
Kata Kunci : alat peraga ticker timer, media pembelajaran, model ADDIE, dan gerak lurus
Abstract
Ticker timer apparatus is one of instrument lab work which used in learning so the students can easily to understand the subject of linear motion. This developed props is improvements of the existing ticker timer apparatus by manipulating typewriting frequency so as to produce the measurements scale greater than before. The aim of this research is to find feasibility of the ticker timer apparatus as physics learning media on the subject of linear motion. ADDIE model are used as methods for this research which use phase from the analysis stages (Analysis), the designing stages (Design), the development stages (Develop), the implementation stages (Implement) and the evaluation stages (Evaluate). The results of this research are, (1) ticker timer apparatus validity has 80,06% average percentage of the assessment by authorities and ≤5% relative error of apparatus at the frequency of 10 Hz and 15 Hz, (2) the ticker timer apparatus effective to use in learning activities which indicated based the completeness of students study results from students cognitive test that reach 93,33%, (3) the practicability usage of the apparatus obtained from student skills test with the percentage of 89% which provide positive response to ease the use and the operation of instrument. (4) the students response obtained from chief shows the percentage of 94,17%. Thus can be concluded that ticker timer apparatus which developed are feasible as physics learning media on the subjects of linear motion.
Keywords : ticker timer props, learning media, ADDIE model, linear motion.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

