PENGGUNAAN PhET SIMULATION DALAM ECIRR UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Authors

  • Widya Yanuike Aldila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi miskonsepsi siswa dengan menerapkan model pembelajaran ECIRR menggunakan PhET Simualtion. Jenis penelitian yang digunakan ekperimen dalam bentuk pre experimental design dengan rancangan penelitian one grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI-IPA 5 SMAN 1 TAMAN dengan jumlah siswa sebesar 32 siswa. Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan three-tier diagnostic test yang akan menunjukkan miskonsepsi siswa saat tes awal dan tes akhir. Hasil analisis data reduksi miskonsepsi siswa menyatakan 32 siswa mengalami reduksi miskonsepsi saat tes akhir dengan persentase reduksi terbesar adalah 72,7%. Untuk pengkriteriaan reduksi miskonsepsi siswa menggunakan distribusi frekuensi diperoleh 6 siswa mengalami reduksi miskonsepsi tinggi, 23 siswa mengalami reduksi  miskonsepsi sedang, dan 3siswa mengalami reduksi miskonsepsi rendah.

Kata Kunci: Model pembelajaran  ECIRR, PhET Simulation, miskonsepsi siswa dan three-tier diagnostic test.

 

Abstract

The purpose of this study are to analyze misconception of students afterwards applied ECIRR use PhET Simulation The kind of reserch used experiment in form pre experimental design with design of research One Group Pretest-Posttest Design. The subjects were students of class XI IPA 5 SMAN 1 Taman as many as 32 students in the 2nd semester 2015/2016 school year. Identification of Student’s misconception using Three -tier Diagnostic test. The results of the analysis data reduction miskonsepsi students obtained 32 students experienced reduction when posttest with the reduction largest 72,7 % and to created percentage reduction misconceptions students use a frequency distribution there are 6 students experienced reduction misconception high, 23 students experienced reduction misconception being, 3 students experinced reduction misconception low.

 

Keywords : Misconceptions, ECIRR, PhET Simulation, Three-tier Diagnostic Test

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-09-2017

How to Cite

Yanuike Aldila, W. (2017). PENGGUNAAN PhET SIMULATION DALAM ECIRR UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21674
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 134