IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MATERI FLUIDA DINAMIS MELALUI INSTRUMEN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST

Authors

  • Lia Fitrah Iswana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan instrumen soal  three-tier diagnostic test. Instrumen tes diagnostik yang digunakan merupakan instrumen yang telah dimodifikasi dengan penambahan pilihan alasan pada tingkat dua dan pilihan keyakinan pada tingkat tiga sehingga menjadi instrumen three-tier diagnostic test. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 35 siswa kelas XI MIA 3 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Identifikasi miskonsepsi siswa didapatkan persentase miskonsepsi pada sub materi persamaan kontinuitas sebesar 28,5% dan sub materi persamaan Bernoulli sebesar 44,5%.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Fluida Dinamis, Three-tier Diagnostic Test.

 

Abstract

This study aims to identify student misconceptions on dynamic fluids using an instrument about the three-tier diagnostic test. Instruments used diagnostic test is an instrument that has been modified by the addition of a choice of reasons on two levels and three levels of confidence in the selection so that a three-tier instrument diagnostic test. The type of research is descriptive quantitative research applied to 35 students of class XI MIA 3 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Identification of student misconceptions obtained percentage of misconceptions in the material sub continuity equation at 28.5% and sub material Bernoulli equation equal to 44.5%.

Keywords: Misconception, Dynamis Fluids, Three-tier Diagnostic Test.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-09-2017

How to Cite

Fitrah Iswana, L. (2017). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MATERI FLUIDA DINAMIS MELALUI INSTRUMEN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21697
Abstract views: 149 , PDF Downloads: 179