Penggunaan Three-Tier Diagnostic Test untuk Identifikasi Mikonsepsi Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas

Authors

  • ZAITUL HARIZAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi teori kinetik gas dengan menggunakan three-tier diagnostic test. Penelitian dilakukan dengan dua kali uji coba menggunakan subjek siswa kelas XI MIA SMAN 1 Driyorejo. Uji coba pertama untuk mengetahui kualitas instrumen dan uji coba kedua untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi teori kinetik gas. Dari hasil uji coba II yang telah dilakukan menunjukkan persentase kategori miskonsepsi mendominasi pada tiap butir soal yang diberikan. Persentase miskonsepsi terbesar terdapat pada butir soal yang memuat sub materi hukum-hukum gas ideal. Dari total 34 siswa sebanyak 62,5% siswa mengalami miskonsepsi pada soal tersebut.

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Three-tier Diagnostic Test, Teori Kinetik Gas

Abstract

The aims of this research is to identify student’s misconceptions in chapter kinetic theory of gases using three-tier diagnostic test. The research has been done with two phase of trials. The subject of this research is student of XI-MIA class at SMAN 1 Driyorejo. The first trial is to know the quality of instrument and the second trial is to identify students misconceptions in chapter kinetic theory of gases. The result of second trial shows that percentage of misconcepctions dominate in each question. The highest percentage of misconception found in problem that contain sub chapter laws of ideal gases. 62,5% from 34 students have misconception in that problem.

 

Keywords: Misconception, Three-tier Diagnostic Test, Kinetic Theory of Gases.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-09-2017

How to Cite

HARIZAH, Z. (2017). Penggunaan Three-Tier Diagnostic Test untuk Identifikasi Mikonsepsi Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21699
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 479