PENGEMBANGAN ALAT PERAGA HUKUM KEPLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM KEPLER

  • KHUSNUL OCTAVIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga hukum Kepler sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum Kepler. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat validitas alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan sebagai media pembelajaran memiliki rata-rata persentase sebesar 77,68% dengan kriteria “layak”. (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hukum Kepler mencapai 80%. Hasil ini menunjukkan bahwa alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika. (3) Hasil respons peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga hukum Kepler mendapat rata-rata persentase sebesar 93,33%. Hal ini menunjukkan respons peserta didik yang “sangat positif” terhadap kepraktisan alat peraga hukum Kepler. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa secara umum alat peraga hukum Kepler yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum Kepler.

Kata Kunci: Alat peraga, media pembelajaran, hukum Kepler.

 

Abstract

This research aims to describe the advisability of  Keplers law props as a physics learning media to the topic of  Keplers law.  This is a development research using ADDIE research model. The results showed that (1) the validity of the Keplers law props that has been developed as a learning media has an average percentage of 77,68% with decent criteria (2) The completeness  of student learning result classically after  following the learning process using Keplers law props reached 80%. This result indicates that Keplers law prop that has been developed is effective as a physics learning media. (3) The results of the response of participants after following the learning process by using Keplers law props get a percentage of average 93,33 %. This shows that students response is very positive toward the advisability of  Keplers law props.  Thus it can be concluded that the Keplers law props that has been developed is decent to be used as physics learning media to the topic of  Keplers law.

Key Words: Props, learning media, Keplers law.

Published
2017-09-12
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 202