PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN MEDIA XAMPP FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI MATAHARI SEBAGAI BINTANG

  • Lani Munirudin

Abstract

Perangkat fisika merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan  pembelajaran di sekolah, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan hasil wawancara terbatas di SMP Darul Hidayah ketapang laok, Sampang Madura, diperoleh informasi siswa kurang tertarik dengan pelajaran fisika karena proses pembelajaran fisika yang dilakukan di sekolah mereka cenderung monoton. Hal tersebut berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan laboratorium virtual dan XAMPP fisika di SMP yang valid serta mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika. Pengimplementasian bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika dalam. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 16 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling melalui analisis siswa yang merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan LKS model aplikasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sumber data dari penelitian ini adalah berupa hasil validasi bahan ajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika. Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil dari validasi ahli diperoleh nilai 3,88 dan termasuk cukup valid untuk bahan ajar berupa LKS berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika. Bahan ajar berupa LKS berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika ini juga perlu diperbaiki pada aspek format, bahasa, isi, dan ilustrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa 1) bahan ajar berupa LKS berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika dikategorikan cukup valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran setelah melalui proses revisi berupa penambahan rumus, format tulisan dan penambahan ilustrasi gambar; 2) motivasi belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan siswa termotivasi; 3) hasil belajar siswa terhadap bahan ajar berupa LKS berbantuan laboratorium virtual dan XAMP fisika secara keseluruhan dapat dikatakan baik.

 

Kata kunci : LKS, media XAMPP Fisika, laboratorium virtual, hasil belajar

 

ABSTRACT

Learning physics is a player One problem faced Frequently learning activities in schools, especially Level Junior High School (SMP). Based on the findings of interviews Limited in SMP Darul Hidayah ketapan Laok, Sampang Madura, TIN information Student Less interested WITH BECAUSE physics lesson learning process in school physics What do they tend to be monotonous. It affects Motivation to learn Students learn commercial articles. For a review Overcoming these problems requires innovation hearts Preparation Learning Tool. Research singer is the departure point development is aiming to review produce teaching materials Form Student Worksheet (LKS) aided laboratory maya And XAMPP physics in junior Yang valid And know the motivation to learn articles commercially learn Students taxable income using LKS-assisted laboratory maya And XAMP physics. Implementation of teaching materials Form Student Worksheet (LKS) aided virtual laboratories and physics XAMP hearts. Subject Research Development Singer is a Grade IX That amounts to 16 people. The sampling method is done by purposive sampling through analysis of student who is one of the stages in the development of LKS application model. The research was conducted in the first semester of the academic year 2016/2017. The data source of this research is in the form of the results of validation of teaching materials and student learning outcomes after the use of teaching materials in the form of Student Worksheet (LKS) aided virtual labs and XAMP physics. Test development was done in two stages, the expert validation and field trials. The results of expert validation that the value of 3.88 and includes enough valid for teaching materials in the form of worksheets aided virtual labs and XAMP physics. LKS-aided instructional materials in the form of virtual and XAMP physics laboratories also need to be improved in the aspect of format, language, content and illustrations. Based on research results that have been obtained can be concluded that 1) the teaching materials in the form of worksheets aided virtual labs and physics XAMP categorized quite valid and fit for use in learning activities through a revision process after the addition formulas, formatting text and adding illustrations; 2) The students motivation as a whole can be said to be motivated students; 3) the results of student learning to the teaching material in the form of worksheets and XAMP aided virtual laboratory physics can be quite good overall.

 

Keywords: Student Worksheet (LKS), XAMPP physics, Virtual labs, Learning outcomes

Published
2017-09-12
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 88