PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GERAK JATUH BEBAS

  • NUGROHO SASMITA ADI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan hasil validitas alat peraga gerak jatuh bebas, serta mengetahui hasil belajar dan respon dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, menurut Akker dalam Syahidah (2012) langkah-langkahnya meliputi pemeriksaan pendahuluan, penyesuaian teoritis, uji empiris, serta proses dan hasil dokumentasi, analisis dan refleksi. Uji coba direplikasikan sebanyak 3 kali kepada kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto. Data hasil dari penelitian ini berupa validitas  alat peraga dan Lembar Kerja Peserta Didik dengan tingkat validitas sebesar 84,17% dan 86%  yang menurut ahli berkategori sangat layak digunakan. Ketuntasan hasil belajar peserta didik di ketiga kelas berturut-turut yaitu 100%, 100%, dan 93,55% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata hasil nilai gain ternormalisasi sebesar 0,54 yang tergolong kriteria sedang. Respon peserta didik menunjukkan respon yang sangat positif dengan persentase sebesar 96,44%. Dapat disimpulkan bahwa alat peraga gerak jatuh bebas ini telah layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran fisika materi gerak jatuh bebas.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga, Gerak Jatuh Bebas.

 

Abstract

The aim of this research is to describe validity of free-fall apparatus, learning assessment, and response of students for using the apparatus. Method which is used in this research is developmental research. According to Akker and Syahidah (2012), procedures of this method are preliminary analysis, theoretical adjustment, empirical test, documentation of process and results, analysis and reflection. This development is empirically tested through trial test in first grade of senior high schools and has been replicated three times. The score of validity of this apparatus and students activity attains 84.7 % and 86% according to experts. This score shows that the apparatus is valid if applied in learning process. The learning assessment attains 100%, 100%, and 93.55% in each class. This score has normalized-gain score 0.54 and it is categorized as very good. Percentage of student’s response attains 96.44% which means very positive. Finally, this apparatus can be applied as supporter of learning process especially in free-fall motion. 

 

Keywords: development, apparatus, free-fall motion

Published
2017-09-12
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 108