PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM BESERTA LKS PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektifitas alat praktikum beserta LKS pada materi gerak jatuh bebas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil uji coba terbatas alat praktikum beserta LKS gerak jatuh bebas ini dilaksanakan di kelas X MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Taman. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa validitas alat praktikum beserta LKS pada materi gerak jatuh bebas ini termasuk dalam kategori sangat baik, ditinjau dari hasil validasi alat praktikum yang memperoleh presentase sebesar 87,46% dan hasil validasi LKS sebesar 84,1%. Kepraktisan alat praktikum beserta LKS pada materi gerak jatuh bebas ini termasuk dalam kategori sangat baik yang ditinjau dari hasil skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,71 dengan menggunakan skor skala Permendikbud. Efektifitas alat praktikum beserta LKS pada materi gerak jatuh bebas ini baik ditinjau dari hasil peningkatan keterampilan proses sains siswa mencapai skor rata-rata 0,55 dengan kategori sedang dan hasil respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 94,2% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat praktikum beserta LKS pada materi gerak jatuh bebas dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, gerak jatuh bebas, Alat praktikum
Abstract
This research aims to analyze the validity, practicality, and effectiveness of practical tools and worksheets on free fall motion. This research is ADDIE development model. The results of this research was implemented in class X MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Taman. Based on analysis it can be concluded that validity of experiment tool and worksheet in free fall motion have a excellent category, in terms of the result of experiment tools validation have percentage about 87,46% and worksheets validation is 84,1%. Practicality of experiment tool and worksheet in free fall motion have excellent category in terms of the result of learning process is 3,71 by using Permendikbuds scale. Effectiveness of experiment tool and worksheet in free fall motion in terms of the result of science process skills increase have average score 0,55 as medium and result of student response is 94,2% as excellent category. Finally can be conclude that experiment tool and worksheet in free fall motion can increase science process skill on first grade senior high school.
Keywords: Science process skills, free fall, experiment tool
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

