PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEKNIK CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIK DI SMAN 1 LAMONGAN

Authors

  • MARIZKA DWI MAYANGSARI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran fisika yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif saat pembelajaran di dalam kelas serta hasil belajar peserta didik cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan teknik card sort untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan jenis design adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 4 dan X MIA 5. Data yang diperoleh adalah hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pre-test digunakan untuk uji normalitas dan uji homogenitas dan didapatkan kedua kelas yang dipilih terdistribusi normal dan homogen. Hasil post-test digunakan untuk uji-t berpasangan dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan perhitungan uji-t berpasangan didapatkan bahwa kedua sampel yang dipilih menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest. Uji gain ternormalisasi, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan perhitungan didapatkan bahwa kelas X MIA 4 dengan nilai sebesar 0,51 dengan kategori peningkatan sedang dan kelas X MIA 5 dengan nilai sebesar 0,61 dengan kategori peningkatan sedang. Keterlaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan teknik card sort memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik. Hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik card sort mendapatkan respon yang sangat baik.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Teknik Card Sort, Hasil Belajar Peserta   Didik.

 

Abstract

Based on the results of preliminary observations have shown that the learning of physics that goes still use the lecture method and learning is still centered on the teacher, so that learners tend to be passive during the learning in the classroom as well as the study of students tend to be low. This study aimed to describe the application of cooperative learning Teams Games Tournament (TGT) with a card sort technique to improve the learning outcomes of students. Design research used is pre-experimental design to the research is one group pretest-posttest design. This research subject is class X MIA 4 and X MIA 5. The data obtained is the result of pretest and posttest. The results of the study obtained that the results of the pre-test used to test normality and the homogeneity and obtained second-class selected normally distributed and homogeneous . The results of the post-test was used for paired t-test and test normalized gain. Based on the calculation of paired t-test showed that both the selected sample showed differences in significant on the outcome of pretest and posttest. Normalized gain test, to find out the increase learning outcomes of students. Based on the calculation, that the class X MIA 4 with a value of 0.51 with moderate improvement category and class X MIA 5 with a value of 0.61 to the category of moderate improvement. The implementation of cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) with a card sort technique obtain an average value with a very good category. Results learners response to the model of cooperative learning TGT with card sort technique to get a very good response.

Key word: Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Card Sort Technique,Students Learning Outcomes.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-09-2017

How to Cite

DWI MAYANGSARI, M. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TEKNIK CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIK DI SMAN 1 LAMONGAN. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21853
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 34