PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

Authors

  • CHRISTALIA ANGGIT FERNANDES

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, pembuatan mind mapping, pemahaman konsep siswa, dan angket respon siswa pada materi alat-alat optik setelah diterapkan strategi mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental jenis desain nonequivalent control group design dimana peneliti menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kwanyar Bangkalan. Sampel yang diambil kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu penerapan strategi mind mapping, variabel respons yaitu keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan pemahaman konsep siswa, dan respon siswa, serta variabel kontrol yaitu guru, materi ajar, dan alokasi waktu selama proses pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji n-gain score dan uji kesamaan dua rata-rata: uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi mind mapping memperoleh kategori sangat baik, keterampilan siswa dalam membuat mind mapping mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai mind mapping tinggi cenderung mendapatkan hasil post-test yang tinggi, pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi dan berdasarkan uji-t satu pihak pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol serta respon siswa terhadap penerapan strategi mind mapping mendapatkan kategori baik.

Kata Kunci: Strategi mind mapping, Pemahaman konsep, Alat-alat optik

 

Abstract

This research aims to describe learning process, making mind mapping, students’s concept understanding and responding in optical equipment after applicated mind mapping strategy. This kind of research is quasi experiment non-equivalent experimental control group design with one experiment class and one control class. The population of this research is tenth grade students in SMA 1 Kwanyar Bangkalan. The samples of this research are X MIA 3 as experiment class and X MIA 4 as control class. The variables in this research including manipulation variable is application of mind mapping strategy, response variable are learning viability, student’s concept understanding, and students responding, and control variable are teacher, learning material, and learning time allocation. Technique of data analysis that used is n-gain score and the two-tile and one-tile of t-test. The research results shows that learning viability with application of mind mapping strategy obtain a category excellent, students skill in making mind mapping have increased, the students who have high score in mind mapping get high score in post-test result too and based on one-tile of t-test students understanding in experiment class better than control class, and response students to the application of mind mapping strategy a good.

 

Keywords: Mind mapping strategy, Concept understanding, and Optical Equipment

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-09-2017

How to Cite

ANGGIT FERNANDES, C. (2017). PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21854
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 45