PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Authors

  • DEWI ANTIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis laboratorium dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi kalor dan perubahan wujud zat di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Rancangan penelitian menggunakan pre experimental design dengan bentuk ”One Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 4 SMA Muhammadiyah 1 Gresik pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang setiap kelas berjumlah 38 siswa. Identifikasi peningkatan hasil belajar siswa dilakukan menggunakan hasil pre-test dan post-test dengan uji t. Analisis data penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa signifikan pada kedua kelas. Didapatkan hasil bahwa peningkatan tertinggi pada kedua dalam kategori tinggi, dengan nilai <g> pada kelas X MIA 1 adalah 0.78821 kemudian disusul kelas X MIA 4 adalah 0.74095. Keterlaksanaan pembelajaran berbasis laboratorium menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memperoleh nilai rata-rata dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Laboratorium, Pendekatan Contextual Teaching and Learning

                      (CTL), hasil belajar siswa

 

Abstract

This research had purpose to know students learning achievement after being applied laboratory-based learning model with Contextual Teaching and Learning approach on Heat and Phase Transformation in SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Research that has beeb conducted uses pre experimental design in the form “One Group Pretest-postest Design”. Subject of research is X MIA 1 and X MIA 4 clasess of SMA Muhammadiyah 1 Gresik in the school year of 2015/2016 semester 2 where each class has 38 students. Identification of enhancement of students learning outcomes is conducted using pre-test and post-test result with t-test. The final result show that bothclass experience significant enchacement on students learning outcomes. These enchancement on two class are categorized as high category, with the value <g> on X MIA 1 class, 0.78821 and followed by X MIA 4 class, 0.74095. Finally, laboratory-based learning using Contextual Teaching and Learning approach gets average value that categorized as very good.

Keywords : students learning achievement, laboratory-based learning, Contextual Teaching and

                    Learning approach pre experimental design

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-09-2017

How to Cite

ANTIKA, D. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21855
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 566