Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Dinamik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Authors

  • NURIL ZAMHARIRO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa menggunakan model pembelajaran inquiry pada materi fluida dinamik kelas XI di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Siswa dilatih berketerampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah baru dan menemukan konsep sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one grup pretest-post-test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah satu kelas yaitu kelas XI MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inquiry terlaksana dengan kategori sangat baik, hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berkategori sedang. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamik mendapatkan respon dari siswa dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inkuiri memiliki peran positif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis saat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, materi fluida dinamik, keterampilan berpikir kritis.

Abstract

This study attempts to described the enforceability of the learning process, an improvment of critical thinking skills of students, and response students use inquiry learning model to the matter fluid dynamic class XI MIA 3 SMAN 1 Puri Mojokerto. The research is pre-experimental with one group pretest-post-test design. Sample used in this research one classes were class XI MIA 3 SMAN 1 Puri Mojokerto. Samples were normally distributed and homogeneous. Data on research is data in form of pieces of observation enforceability of inquiry learning, the results of pre-test and post-test with indicatorcritical thinking  skills of students and student questionnaire responses.The results showed that the enforceability of the implementation of inquiry learning model implemented with very good categories, the result of an increase in critical thinking skills of students who are taught by learning inquiry model obtained Gain Scoremedium category. Application of inquiry learning model to improve students critical thinking skills in the lesson of dynamic fluid at SMAN 1 Puri Mojokerto get responses from students with very good category. Thus it can be concluded that the inquiry learning model has a positive role in fascilitating critical thinking skills when learning to enhance students critical thinking skills.

Keywords: Inquiry Learning Model, lesson of fluid dynamics, critical thinking skills of students.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-09-2017

How to Cite

ZAMHARIRO, N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Dinamik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/21856
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 36