Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Materi Hukum II Newton untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X di MAN Rengel Tuban

  • NOER KAMILATUS SHOLIHAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi hukum II Newton di kelas X MAN Rengel Tuban. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimntal yang menggunakan desain penelitian One grup pretest-posttest design.  Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X MIPA 4 di MAN Rengel Tuban. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, angket respon siswa dan lembar soal pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan gain ternormalisasi, analisis angket respons siswa dan analisis keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri diperoleh Gain Score dalam kategori sedang. Kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori sedang.  Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi hukum II Newton terlaksana dengan baik. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi hukum II Newton kelas X di MAN Rengel Tuban mendapatkan respon baik sekali dari siswa yakni sebesar 78,30%. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri memiliki peran dalam melatihkan keterampilan berpikir kreatif saat pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Kata kunci: Keterampilan berpikir kreatif siswa, Model Pembelajaran Inkuiri, Hukum II Newton.

Abstract

The study aims to describe the implementation of learning, improvement of students creative thinking ability, and student response by using inquiry learning model in Newton second law in class X MAN Rengel Tuban. This type of research is a pre-experimental study using One grup pretest-posttest desaign. The subject is thirty person of class X MIPA 4 in MAN Rengel Tuban. The research instrument used was observation sheet of learning activity, student activity, student response questionnaire and pre-test and post-test questionnaire. Data analysis used is normality test, homogeneity test, normalized gain, analysis of student responses and analysis of learning effectiveness. The results showed that the samples were normal and homogeneous distributed. The calculation result shows the students creative thinking skill taught with inquiry model obtained by Gain Score medium category. The creative thinking ability of the student is included in the medium category. The learning activity using inquiry model in Newton II law material was done well. The application of inquiry learning model to improve students creative thinking skill on matter Newtons second law in class X MAN Rengel Tuban get good response from students equal to 78,30%. Thus the inquiry learning model has a role in tapping into the creative thinking skills during physics learning to improve students creative thinking skills.

Keywords : Creative thinking, Inquiry Learning models, Newtons Second Law

Published
2018-01-18
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 64