Identifikasi Awal Profil Self-Efficacy Siswa SMA, Hasil Belajar Fisika, dan Model Pengajarannya

  • MAMIM ZUMROATUN

Abstract

Penelitian ini merupakan studi awal untuk mengetahui profil self-efficacy dan hasil belajar fisika dalam rangka menentukan model pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan survey dan kajian literatur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket self-efficacy dan lembar tes materi momentum dan impuls. Subjek penelitian ini sebanyak  79 siswa kelas X. Hasil penelitian didapatkan: nilai rata-rata self-efficacy siswa berkategori tinggi pada dimensi magnitude, strength, dan generality; hasil belajar siswa tergolong kurang; model pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar fisika adalah model pengajaran inkuiri.

Kata-kata kunci: Inkuiri, self-efficacy, hasil belajar fisika, pembelajaran fisika.

Abstract

This study is a preliminary study to find out the profile of self-efficacy and the results of physics learning in order to determine the appropriate teaching model to improve self-efficacy and student learning outcomes on the momentum and impulse material. The research method in this study using survey and litelature review. Instrument used are self-efficacy questionnaires and sheet test momentum and impuls material. The subjects of this study were 79 students of class X. The results of this study indicated that: the average student self-efficacy score is high on the magnitude, strength, and generality dimensions; student learning outcomes are classified as less; appropriate teaching model to improve self-efficacy is a inquiry teaching model.

Keyword: Inquiry, self-efficacy, learning outcomes physics, learning physics

Published
2018-01-28
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 67