Penerapan Lembar Kerja Kerja Didik (LKPD) Berbasis Pictorial Riddle untuk Melatihkan Kemampuan Representasi

  • ISMI HAQIQI NUR IZZATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan LKPD berbasis pictorial riddle dalam melatihkan kemampuan representasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan rancangan one-grup pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan dalam kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen, kelas X IPA 4 dan kelas X IPA 5 sebagai kelas replikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi analisis pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan analisis kemampuan representasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan LKPD berbasis pictorial riddle terlaksana dengan kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 3,55, 3,64, dan 3,50, 2) kemampuan representasi peserta didik meliputi representasi verbal, gambar, grafik, dan matematis yang memiliki rata-rata dengan persentase sebesar 74,64%, 63,20%, 80,28%, dan 72,22%. Berdasarkan uji t berpasangan diperoleh hasil penelitian berupa peningkatan yang signifikan, dengan n-gain berkategori sedang yakni kelas X IPA 3 sebesar 0,58, kelas X IPA 4 sebesar 0,51, dan kelas X IPA 5 sebesar 0,51. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan LKPD berbasis pictorial riddle dapat meningkatkan kemampuan representasi peserta didik.

Kata kunci : LKPD, pictorial riddle, kemampuan representasi.
Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 48