Impelementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Gerak di Kelas VII SMPN 2 Sawoo Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran model pembelajaran guided inquiry pada pokok bahasan gerak. Pada penelitian ini model pembelajaran guided inquiry menekankan pada pertanyaan-pertanyaan yang memotivasi siswa agar ingin belajar lebih mendalam dan membagi ilmu yang didapatkan kepada oranglain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sawoo dan rancangan penelitian ini menggunakan true experiment design. Berdasarkan hasil observasi didapat nilai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97 sehingga dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat dominan dari aktivitas guru dan siswa lebih banyak bekerja secara kelompok. Berdasarkan analisis hasil belajar kognitif siswa menggunakan uji-t satu pihak diperoleh nilai 11.55 lebih besar dari pada nilai r tabel sehingga dinyatakan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan analisis yang dilakukan untuk nilai afektif dan psikomotor menggunakan uji-t dua pihak diperoleh hasil bahwa nilai afektif dan psikomotor kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Respons siswa terhadap pembelajaran guided inquiry secara umum baik, hal ini ditunjukkan pada respons siswa tertinggi terdapat pada aspek kedua dan kelima yaitu siswa lebih termotivasi untuk belajar dan lebih berani menyampaikan pendapat persentase sebesar 85% dan tergolong baik sekali. Dalam pelaksanaan model pembelajaran guided inquiry terdapat beberapa kendala yaitu siswa perlu beradaptasi dengan cara mengajar yang baru, kurangnya sumber belajar siswa untuk memperoleh informasi tentang materi yang diajarkan, serta belum terbiasanya siswa melakukan percobaan dalam pembelajaran fisika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

