Telaah Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Sistem Dua Fluida untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan telaah hukum kekekalan energi mekanik pada sistem dua fluida dengan beda kerapatan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa melalui visualisasi video percobaan gravity current di laboratorium. Sebagai hasil dari penelitian praexperimental dengan desain one group pre-test post-test, didapatkan pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN 2 Lamongan setelah pembelajaran yang belum dapat mencapai ketuntasan secara klasikal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata post-test yang berada di bawah KKM yang ditetapkan. Namun demikian hasil analisis hubungan antara pre-test dan post-test siswa dengan menggunakan uji t berpasangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep yang diperoleh siswa dalam penelitian ini berbeda secara signifikan dengan peroleha skor gain ternormalisas klasikal sebesar 0,36 yang berkategori sedang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

