Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current untuk Meningkatkan Pemahaman ‎Konsep Fisika pada Materi Tekanan Hidrostatis

Authors

  • Trise Nurul Ain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dengan memanfaatkan visualisasi serangkaian video percobaan gravity current pada materi pokok tekanan hidrostatis. Metode yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design dengan menggunakan satu kelas sampel penelitian. Pre-Test diberikan sebelum perlakuan untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan Post-Test diberikan untuk mengukur pemahaman akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil Pre-Test dan Post-Test didapatkan nilai uji-t berpasangan sebesar 27,93. Nilai tersebut lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dengan reliabilitas 95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan. Hasil dari analisis skor gain ternormalisasi didapatkan 22 siswa (64,7%) mendapatkan skor gain tinggi dan 12 siswa (35,3%) mendapatkan skor gain sedang serta skor gain rata-rata keseluruhan siswa sebesar 0,74 yang berkategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan visualisasi video percobaan gravity current pada RPP 1 dan RPP 2 yang diamati oleh dua orang pengamat adalah terlaksana dengan baik. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current untuk Meningkatkan Pemahaman ‎Konsep Fisika pada Materi Tekanan Hidrostatis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 97–102. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3015
Abstract views: 224 , PDF Downloads: 206