Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Menggunakan LKPD Berbasis Collaborative Creativity
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis collaborative creativity pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunaka metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian 36 peserta didik kelas XI-MIPA 3 SMAN 1 Sumberrejo. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dinilai berdasarkan hasil pekerjaan peserta didik dalam menyelesaikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan dianalisis menggunakan perhitungan skor rata-rata. Dari empat indikator berpikir kreatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa Indikator orisinality mendapatkan hasil paling tinggi yaitu dengan skor 3,67 dan indikator fluency mendapatkan hasil paling rendah dengan skor 3,30. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik terlatih dengan baik menggunakan LKPD berbasis collaborative creativity sebagai instrumen melakukan kerja ilmiah.
Kata Kunci: Keterampilan berpikir kreatif, collaborative creativity dan LKPD
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

