PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • ANDRI HARIS SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design dengan jenis penelitian quasi eksperimental design menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian hasil belajar berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisa secara kuantitatif mengunakan Uji T dan N-gain. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar pada siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle mengalami peningkatan yang signifikan dan mendapatkan nilai n-gain pada intrepetasi sedang dengan skor 0,66. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberikan metode pictorial riddle dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan metode pembelajaran pictorial riddle. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 98%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle.


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-01-2020

How to Cite

HARIS SETIAWAN, A. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/31651

Issue

Section

Articles
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 56