PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

  • INUN FITRIANI

Abstract

Keterampilan proses sains ditingkatkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah siswa secara utuh dalam membangun pengetahuannya. Keterampilan proses sains dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran dengan cara siswa menemukan dan menggunakan variasi sumber informasi pada suatu permasalahan serta memerlukan keterampilan penyelidikan, eksplorasi, bertanya, dan riset sehingga menantang siswa untuk menghubungkan dunia mereka dengan rencana pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri. Desain pre experimental dengan bentuk one group pre-test post-test design diterapkan pada sampel yang terdiri atas tiga kelas. Keterampilan proses sains yang ditingkatkan antara lain merumuskan hipotesis, mengklasifikasi variabel, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan proses sains meningkat signifikan berdasarkan uji t berpasangan. Peningkatan keterampilan proses sains berdasarkan uji n-gain adalah sedang. Keterampilan proses sains yang ditingkatkan tidak berbeda pada tiga kelas atau konsisten berdasarkan analisis varians satu arah (ANAVA). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains mendapat respon baik.

Kata kunci: keterampilan proses sains, inkuiri, getaran harmonik

Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 82