PENGEMBANGAN ELEKTROSKOP SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK STATIS

  • AGIL PRADANA

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga elektroskop sederhana sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan secara luas pada peserta didik di SMA dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan dua kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat peraga sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 89,5% dari 60 peserta didik yang tersebar dalam dua kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,73 dengan 65% kategori tinggi dan 35% kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 85%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga elektroskop sederhana telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi listrik statis.

Kata kunci : elektroskop sederhana, media pembelajaran, kelayakan

Published
2020-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 639
PDF Downloads: 738