Pengembangan Alat Peraga Viskositas untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Peserta Didik di SMA

  • DYAH SETYOWATI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat peraga viskositas yang dapat melatihkan keterampilan proses sains pada peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan),dan Evaluation (Evaluasi). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik dengan menggunakan uji terbatas. Hasil penelitian berupa kelayakan alat peraga sebesar 95,38% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Adapun kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan dan kendala saat kegiatan pembelajaran menggunakan alat sebesar 97,22%, keefektifan yang ditinjau dari dua aspek yaitu hasil belajar dan aktivitas peserta didik saat melakukan percobaan menggunakan alat peraga sebesar 90,67% serta angket respon dari 30 peserta didik diperoleh 84,64%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi fluida statis sub materi viskositas dan hukum stokes.

Kata Kunci: Alat Peraga, viskositas

Published
2020-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 94