PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGINTEGRASIKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II SMAN 1 WONOAYU

Authors

  • Sri Wahyu Dwi Laili
  • - Suliyanah

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pengajaran langsung dengan mengintegrasikan pendekatan keterampilan proses terhadap kompetensi belajar siswa pada sub materi pokok perpindahan kalor. Pada penelitian ini, pendekatan keterampilan proses merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses belajar, aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami materi yang diajarkan serta bersikap lebih kritis. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Wonoayu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah true experiment design. Berdasarkan dari analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa kompetensi belajar kognitif siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kompetensi belajar kognitif siswa di kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model pengajaran langsung dengan mengintegrasikan pendekatan keterampilan proses yang diterapkan pada penelitian ini terlaksana dengan baik.
Kata Kunci : Model pengajaran langsung, pendekatan keterampilan proses, dan kompetensi belajar.
Abstract
This research aimed at described the influence of the direct instruction model application by integrating approach skill proceedings against competence learn students on wro subject matter displacement heat engine. In this research, the approach of skill process of constituting learning, who insists on the learning process activity and creativity participants didik in acquiring knowledge, skill, value, attitude as well as apply it in daily life and so students easier to receive and understand material that is taught and be more critical. The population of research is a student X SMAN 1 Wonoayu and design research that we use is true experiment design. Virtue of analysis cognitive aspects students use uji-t two parties and uji-t one party obtained the result that competence learn cognitive from the classroom experiments better than with competence learn cognitive students in the class of control. The result analysis shows that the influence of the application of a model of teaching directly by integrating approach skill the process of being applied to this research done well.
Keywords: direct instruction models, approaches, processes and competencies the skills learned.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-01
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 53