The Validity and Reliability of Five-Tier Conception Diagnostic Test for Vector Concepts

  • Mirza Qonita Universitas Negeri Surabaya
  • Frida Ulfah Ermawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

Misconceptions has commonly found in Physics concepts, including in Vector concepts. For example, students assumed when an object moves at a certain path and returns to the original position using different path, the displacement is not zero. Meanwhile, according to the Vector concept, the object displacement is zero when it moves and returns to the original position. This discrepancy is called misconception. Such misconception needs to be identified. One of them is by multi-tiers conception diagnostic test. This study was aimed to develop a five-tier conception diagnostic test for Vector concepts and determine the validity (both internal and external aspects) and the reliability. Two groups of students were involved in this work: 25 students to collect common reasons (three-tier questions) and 65 students to calculate the validity and reliability scores. The internal validity was justified by two pointed lecturers at Physics Dept. UNESA. The external validity contains content and construct aspects. The content aspect was determined based on false positive (FP) and false negative (FN) scores, each should be <10%. The construct aspect was calculated by the Pearson’s product-moment correlation. The reliability  was determined using Alpha Cronbach with = 0.244 and 5% significance level. The internal validity score = 95%, the FP and FN scores = 3.5 and 9.0% respectively which means that the developed instrument is valid. The = 0.656 and  = 0.898 which are > rtheoritic. Therefore, the developed instrument is valid and reliable to diagnoses student’s conception on the Vector concepts.

Keywords: Vector concepts, five-tier conception diagnostic test, validity, reliability

 

Abstrak

Miskonsepsi, secara umum, banyak ditemukan pada konsep Fisika, termasuk pada konsep-konsep Vektor. Sebagai contoh, peserta didik (PD) menganggap apabila suatu benda bergerak pada lintasan tertentu dan kembali pada posisi semula melalui lintasan lain, maka perpindahan tersebut tidak nol. Sementara menurut konsep Vektor, perpindahan suatu benda dikatakan nol apabila benda tersebut bergerak dan kemudian kembali pada posisi semula. Perbedaan keduanya disebut miskonsepsi. Miskonsepsi seperti itu perlu diidentifikasi. Salah satunya adalah dengan tes diagnostik konsepsi multi-tier. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah tes diagnostik konsepsi berformat five-tier untuk konsep Vektor dan menentukan tingkat validitas dan reliabilitasnya. Dua kelompok PD dilibatkan dalam pekerjaan ini, yaitu 25 PD untuk menjaring alasan yang umum dikemukakan oleh siswa (pertanyaan three-tier) dan 65 PD untuk menghitung skor validitas (baik aspek internal maupun eksternal) dan reliabilitas tes tersebut. Validitas internal diuji oleh dua dosen Jurusan Fisika UNESA yang ditunjuk. Validitas eksternal terdiri dari aspek konten dan konstruk. Aspek konten ditentukan berdasarkan skor false positive (FP) dan false negative (FN), dimana tiap skor tersebut harus <10%. Aspek konstruk dihitung dengan persamaan korelasi Pearson Product Moment . Reliabilitas  ditentukan menggunakan Alpha Cronbach dengan = 0.244 dan taraf signifikasi 5%. Skor validitas internal = 95%, skor FP dan FN masing-masing = 3.5 dan 9.0% yang berarti bahwa instrumen yang telah dikembangkan ini valid. Nilai = 0.656  dan = 0.898 yang nilainya > rteori. Karena itu, instrumen ini valid dan reliabel untuk dipergunakan untuk mendiagnosis konsepsi PD pada konsep-konsep Vektor.

Kata kunci: Konsep-konsep Vektor, five-tier diagnostic test, validitas, reliabilitas

 

Published
2020-08-10
Section
Asesmen Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 466
PDF Downloads: 397