PENERAPAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching And Learning) PADA MATERI CERMIN CEKUNG KELAS VIII SMP NEGERI 7 MADIUN TAHUN AJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25pAbstract
Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan konsep yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata yang mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berdasarkan pernyataan di atas, penelitian ini mengambil sampel kelas VII SMP Negeri 7 Madiun, hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika rata-rata nilai evaluasi mencapai 42% yang masih di bawah KKM (75), ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal ini merupakan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar, dan respon siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi cermin cekung. Metode penelitian yang kami gunakan adalah Redomized Control Group Pretest Postest Design. Hasil analisis pretest dengan uji normalitas dan homogenitas serta analisis uji t dua pihak diperoleh thitung 3,37 sedangkan ttabel sebesar 2,02. Nilai ttabel uji t satu pihak sebesar 1,68. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena thitung>ttabel. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan penerapan pendekatan CTL (Contextual teaching and Learning). Dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pendekatan CTL (Contextual teaching and Learning) tersebut.Kata kunci : pendekatan CTL (Contextual teaching and Learning), hasil belajar,cermin cekung
Abstract
CTL (Contextual Teaching and Learning) is an approach to learning that emphasizes the process of student engagement to be able to find the concept being studied by relating it to real life that encourage students to apply in their daily lives. Based on the above statements, this research took a sample in class VII Junior High School 7 Madiun, the results of interviews with physics teachers was 42% average evaluation score below of KKM (75), this indicates that understanding the concept of students is still low. This shows that the level understanding the concept of the students is low. The purpose of this study is to describe the feasibility, learning outcomes, and student response to learning the material physics concave mirror. This research uses experimental studies with Randomized Control Group Pretest Postest Design. Pretest analysis results with normality and homogeneity test and t-test analysis of the two parts obtained t 3,37 2,02 ttable while. ttabel value of the t test of 1,68. It shows that the experimental class learning outcomes better than the control class for t> t table. Conclusions This study suggests that student learning outcomes through the implementation of CTL (Contextual Teaching and Learning) is better than the results of student learning approaches that do not use CTL (Contextual Teaching and Learning) and students responded positively to the application of CTL (Contextual Teaching and Learning).
Keywords: CTL (Contextual teaching and Learning), learning outcomes, concave mirror.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2013-11-01
Issue
Section
Articles

