PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERSINERGI DENGAN MEDIA LAB VIRTUAL PhET PADA MATERI SUB POKOK BAHASAN FLUIDA BERGERAK DI MAN 2 GRESIK

Authors

  • Nur Hidayatur Rochmah
  • Madlazim Kasmolan

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan lab virtual PhET dalam pembelajaran fisika di MAN 2 GRESIK kelas XI IPA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, mendeskripsikan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Gresik dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media lab virtual PhET terhadap hasil belajar siswa. Rancangan pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari: tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan berkategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika di MAN 2 Gresik; 2) Keterlaksaan pembelajaran fisika menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan efektif; 3) Pada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran yang bersinergi dengan media lab virtual PhET hasil belajar siswa lebih baik yaitu nilai pada posttest sebesar 82 apabila dibandingkan dengan siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang bersinergi dengan lab riil, yaitu nilai posttest sebesar 75.
Kata kunci : media lab virtual PhET, perangkat pembelajaran, dan 4D model
Abstract
The research had been done to develop devices of learning with virtual lab PhET in physic learning in MAN 2 Gresik qualifications developed learning tools, to describe happened of learning devices of learning physics in MAN 2 Gresik, and describe the influence of media which is use virtual lab PhET towards learning outcome of students. Expansions plans in the study of learning to adapt research on the development 4D which is consists of : define, design, develop and dissaminate. From the research results obtained it can be concluded that : 1) Learning tool that has been developed as a whole good categorized and fit for use in learning of physics; 2) Implementation of physics learning using learning tools that has been developed as a whole, can run well and effective; 3) In the class that use a synergistic learning with virtual lab PhET mediais better wihich the posttest value is 82. When is compared with students who use learning tools that are synergistic with real lab, the posttest value is only to be 75.
Keywords: Virtual lab PhET media, devices of learning and 4D model

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-01
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 36