Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD dengan Strategi ‎Kartu Sortir (Card Sort) Terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Materi Fluida Statis di Kelas XI ‎SMA Negeri 1 Mojokerto

Authors

  • Achmad Uzlul Rozik
  • Hainur Rasyid Achmadi

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dimiliki siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi kartu sortir pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 1 Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mendeskripsikan prestasi belajar fisika siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir lebih baik daripada siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain “Random Terhadap Subyek”. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-2 berbeda dengan rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-3, karena (thitung=6,46) > (ttabel=7,81). Dari hasil analisis uji t satu pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-2 lebih baik dari pada rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan prestasi belajar fisika siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir lebih baik daripada siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Rozik, A. U., & Achmadi, H. R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD dengan Strategi ‎Kartu Sortir (Card Sort) Terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Materi Fluida Statis di Kelas XI ‎SMA Negeri 1 Mojokerto. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 182–187. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/381

Issue

Section

Articles
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 165