Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD dengan Strategi Kartu Sortir (Card Sort) Terhadap Prestasi Belajar Fisika pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 1 Mojokerto
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dimiliki siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi kartu sortir pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 1 Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mendeskripsikan prestasi belajar fisika siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir lebih baik daripada siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain “Random Terhadap Subyek”. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-2 berbeda dengan rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-3, karena (thitung=6,46) > (ttabel=7,81). Dari hasil analisis uji t satu pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-2 lebih baik dari pada rata-rata nilai post test kelas XI-IPA-3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan prestasi belajar fisika siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan strategi kartu sortir lebih baik daripada siswa yang di ajar dengan menggunakan pembelajaraan kooperatif tipe STAD.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 42
,
PDF Downloads: 181



