The Penerapan Problem-Based Learning dengan Pendekatan STEM untuk melatih Self-Regulated Learning Siswa pada Materi Energi Terbarukan
Abstract
Era abad ke-21 merupakan era kemajuan teknologi dan informasi yang pesat yang mengubah
paradigma pembelajaran menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang
mengimplikasikan bahwa siswa seharusnya berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran,
bukan guru. Pendidik harus memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri untuk mencapai
keunggulan akademik dalam self-regulated learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kemampuan self-regulated learning siswa dalam menerapkan pembelajaran
berbasis masalah dengan pendekatan STEM pada materi energi terbarukan di SMA. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan data hasil
penelitian. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Jember di kelas X.11. Kemampuan SRL terdiri
dari enam indikator yaitu tidak bergantung pada orang lain, memiliki rasa percaya diri,
berperilaku disiplin, memiliki tanggung jawab, berperilaku atas inisiatif sendiri, dan memiliki
kontrol diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan SRL yang tinggi
yaitu sebesar 76,4%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

