Diagnosis Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Hukum Newton

  • Saidatun - Nuriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, MNRJ Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak                                                                                           

Dalam proses pembelajaran di sekolah, peserta didik seringkali mengalami miskonsepsi meskipun konsep tersebut telah diajarkan sebelumnya. Salah satu penyebab miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik yaitu berasal dari peserta didik itu sendiri. Peserta didik mengalami miskonsepsi terutama pada konsep-konsep abstrak seperti pada materi Hukum Newton. Oleh karena itu, untuk mendiagnosis miskonsepsi peserta didik pada materi Hukum Newton disusunlah instrumen tes diagnostik berformat four-tier. Selain itu, dilakukan analisis untuk mengetahui kualitas dari instrumen yang telah disusun. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket validasi, metode tes diagnostik berformat four-tier dan metode wawancara sebagai data pendukung. Data pada penelitian berupa validitas logis dan empiris instrumen tes diagnostik dan wawancara peserta didik. Penelitian ini diuji cobakan kepada 50 peserta didik kelas XII MIA 2 dan MIA 3 di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik dan diterapkan kepada 26 peserta didik kelas XII MIA I di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Hasil validitas logis menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik berformat four-tier yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan Percentage of Agreement (PoA) sebesar 93% untuk ranah isi, 94% untuk ranah konstruksi, dan 100% untuk ranah bahasa. Hasil validitas empiris isi untuk kategori FP diperoleh persentase sebesar 7,8% sedangkan kategori FN diperoleh persentase sebesar 7,6% yang memenuhi syarat FP dan FN . Hasil validitas empiris konstruk dari 15 butir soal yang dikembangkan diperoleh 12 butir soal yang dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,788 dinyatakan reliabel dengan kategori tinggi. Profil miskonsepsi peserta didik kelas XII MIA 1 di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik menunjukkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi di seluruh sub materi Hukum Newton. Penyebab miskonsepsi yang teridentifikasi dalam penelitian ini adalah: pemikiran asosiatif sebesar 37%, pemikiran humanistik sebesar 3%, prakonsepsi sebesar 38%, reasoning yang salah sebesar 17%, dan intuisi yang salah sebesar 5%.

 

Kataikunci: Tes Diagnostik, Four-Tier, Miskonsepsi

 

 

Abstract

In the learning process at school, students often experience misconceptions even though these concepts have been taught previously. One of the causes of misconceptions that occur among students comes from the students themselves. Students experience misconceptions, especially regarding abstract concepts such as Newton's Laws. Therefore, to diagnose students' misconceptions regarding Newton's Law material, a four-tier diagnostic test instrument was developed. Apart from that, analysis was carried out to determine the quality of the instruments that had been prepared. The method used in this research is development research with the ADDIE model research design (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The data collection technique uses a validation questionnaire method, a four-tier diagnostic test method and an interview method as supporting data. The data in the research are in the form of logical and empirical validity of diagnostic test instruments and student interviews. This research was tested on 50 students in class XII MIA 2 and MIA 3 at SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik and applied to 26 students in class XII MIA I at SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. The logical validity results show that the four-tier format diagnostic test instrument developed meets the very valid criteria with a Percentage of Agreement (PoA) of 93% for the content domain, 94% for the construction domain, and 100% for the language domain. The empirical content validity results for the FP category obtained a percentage of 7.8%, while the FN category obtained a percentage of 7.6% which met the requirements for FP and FN <10%. The results of the empirical construct validity of the 15 questions developed showed that 12 questions were declared valid with a reliability coefficient of 0.788, declared reliable in the high category. The misconception profile of class XII MIA 1 students at SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik shows that students experience misconceptions in all Newton's Law sub-materials. The causes of misconceptions identified in this research are: associative thinking at 37%, humanistic thinking at 3%, preconceptions at 38%, wrong reasoning at 17%, and wrong intuition at 5%.

 

Keywords: Diagnostic Test, Four-Tier, Misconceptions

Published
2024-03-11
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 17