PENERAPAN LKS DENGAN FORMAT SLIM-N-BIL PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABAT

  • Fragraria Vesa I. D. N.
  • Mita Aggaryani

Abstract

Pendidikan tidak hanya bertujuan memberikan materi pelajaran tetapi lebih menekankan bagaimana mengajak siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri sehingga siswa dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skill) dan siap untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan, tidak terkecuali bidang fisika. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika bersekolah dan PPL di SMA N 1 Lamongan bahwa fisika merupakan sebuah pelajaran yang cenderung membosankan dan menyulitkan bagi siswa. Hal ini membuat berkurangnya semangat belajar siswa, sehingga hasil belajar rendah. Oleh karena itu, perlu adanya terobosan baru yang mampu mengoptimalkan kemampuan siswa, membuat siswa semakin aktif dan tertarik untuk belajar fisika. Pembelajaran tersebut menggunakan format SLIM-N-BIL yang dikemas dalam perangkat pembelajaran LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan LKS dengan format SLIM-N-BIL pada materi pesawat sederhana untuk siswa kelas VIII. LKS SLIM-N-BIL mengakomodasi 8 kecerdasan sehingga kecerdasan siswa dapat diidentifikasi. Penelitian dilakukan di kelas VIII-E SMPN 1 Babat dengan sampel penelitian sejumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest 8 kecerdasan. Dalam penelitian ini, diperoleh pula data kognitif, afektif dan psikomotor sebagai data pendamping. Data kognitif menunjukkan apakah hasil belajar siswa sudah memenuhi nilai KKM. Data afektif menunjukkan sikap siswa yang terkait dengan kecerdasan intrapersonal dan data psikomotor menunjukkan kinerja siswa yang terkait dengan kecerdasan badan kinestetik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan LKS dengan format SLIM-N-BIL terlaksana dengan baik dengan keterlaksanaan LKS sebesar 87,70. Hasil tes 8 kecerdasan siswa sesudah menggunakan LKS dengan format SLIM-N-BIL pada materi pesawat sederhana terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 19,16 setiap siswa. Penerapan LKS dengan format SLIM-N-BIL juga mendapat respon baik dari siswa dengan persentase sebesar 93%.
Kata Kunci: LKS SLIM-N-BIL, pesawat sederhana, tes identifikasi kecerdasan.
Abstract
Education not only intend at providing the subject matter but it rather emphasizes in how to engage students to discover and construct their own knowledge so that they are able to develop their life skill and be alert to solve problems encountered in life, included in physics. Based on the researcher’s experience either when became a student or teaching practice at SMAN 1 that physics is a subject that tends to be boring and complicate for students. It makes the lessening of student enthusiasm for learning, with the result that learning outcome is low. Therefore, it is needed a new breakthrough in learning to optimize student’s ability, make them to be more active and interested to study physics. The learning uses SLIM-N-BIL’s format which is packed in learning’s scheme, it is worksheet. The research aim to describe the application of worksheet with SLIM-N-BIL’s format on simple machine material for students in class VIII. The SLIM-N-BIL’s worksheet accommodates 8 type of intelligence so that the student’s intelligence can be identified. The research was done in class VIII-E SMPN 1 Babat with member of sample is 20 students. The research method is One Group Pretest-Posttest Design with is analysis uses t-test to know the difference between pretest and posttest of 8 type of intelligence. In this research, it’s also obtained cognitive, affective, and psychomotor’s data as companion. Cognitive shows whether the student learning outcome has obtained minimum standart. Affective shows students’ behavior that related with intrapersonal intelligence and psychomotor shows students’ performance that related with kinesthetic intelligence. Analysis’ result shows that the application of SLIM-N-BIL’s worksheet materialize well with its feasibility is 87,70. Test result of 8 type of intelligence after apply the SLIM-N-BIL’s worksheet on simple machine material gain significantly with is gain is 19,16 for each student. The application of SLIM-N-BIL’ worksheet also get a good response from students with its percentage is 93%.
Keywords: SLIM-N-BIL’s worksheet, simple machine, intelligence identification test.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 25