PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGINTEGRASIKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KAMAL

  • Choirun Nisa'
  • Suliyanah -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model penemuan terbimbing yang mengintegrasikan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respons siswa serta mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing yang mengintegrasikan keterampilan proses sains dengan pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kamal. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kamal dan rancangan penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak diketahui bahwa nilai thitung sebesar 7,573 sedangkan ttabel diketahui sebesar 2,00 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol diterima. Selanjutnya untuk uji-t satu pihak diperoleh nilai thitung sebesar 7,573 sedangkan ttabel diketahui sebesar 1,67 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol diterima dan pembelajaran penemuan terbimbing juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar aspek psikomotor dan afektif. Pada kelas eksperimen juga terdapat nilai keterampilan proses sains diperoleh bahwa keterampilan proses sains pada siswa sudah baik dan keterampilan yang perlu diajarkan dan dilatihkan lagi yaitu keterampilan proses sains dalam membuat hipotesis, membuat kesimpulan, melakukan percobaan, dan menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dengan mengintegrasikan keterampilan proses sains yang diterapkan pada penelitian berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan mendapatkan respons baik dengan presentase 84,26 dari siswa.
Kata Kunci : pembelajaran penemuan terbimbing, keterampilan prose sains, dan hasil belajar.
Abstract
This study aimed to describe the effect of guided discovery models that integrate science process skills on student learning outcomes and describe the response of the students and describe the differences in student learning outcomes that apply guided discovery learning model that integrates science process skills by learning undertaken in SMP Negeri 1 Kamal . The population of this research is a class VII student of SMP Negeri 1 Kamal and design of this study was a pretest - posttest control group . Based on the analysis of the cognitive aspects of students using t-test is known that the two parties tcount 7.573 at 2.00 while ttable note that the hypothesis that cognitive learning outcomes experimental class different from the control class . Furthermore, for the t-test of the party obtained tcount 7.573 while ttable known of 1.67 so the hypothesis that cognitive learning outcomes of students in the experimental class better than the control class and guided discovery learning also has a positive effect on learning outcomes aspects of psychomotor and affective . In the experimental class also contained the value of science process skills acquired that science process skills in students is good and necessary skills are taught and practiced more skills in making hypotheses , make inferences , conduct experiments , and analyze the data . The analysis showed that the application of guided discovery learning by integrating science process skills as applied to study a positive effect on student learning outcomes and get a good response with 84.26 percentage of students .
Keywords : guided discovery learning , science prose skills , and learning outcomes .
Published
2014-02-12
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 23