PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPBA PADA SISWA KELAS XI SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES

  • Nadhiratul Khasanah
  • Madlazim -

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPBA untuk melatihkan keterampilan proses ditinjau pada hasil validasi oleh ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, ketercapaian indikator kognitif pada hasil belajar siswa, dan ketercapaian keterampilan proses pada siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga tahap develop. Analisis penelitian dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPBA untuk melatihkan keterampilan proses layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari seluruh aspek. Kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli meliputi kelayakan silabus 81,33%, RPP 81,83%, buku ajar 82,77%, LKS 83,33%, dan lembar penilaian 82,22%. Kelayakan berdasarkan ketercapaian indikator kognitif pada hasil berlajar siswa yaitu dari peningkatan nilai pre-test 6,67% menjadi 86,67% siswa yang tuntas mencapai KKM setelah pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan. Kelayakan berdasarkan tercapaian keterampilan proses yang meningkat dari nilai pre-test dan post-test sebesar 33,33% menjadi 67,78%.
Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, IPBA, keterampilan proses.
Abstract
This research aimed to describe the feasibility of IPBA teaching materials to train student’s processes skill which is observed by the results of expert’s validation about teaching materials that is developed, achievement cognitive indicators of student’s results study, and the achievement of students processes skills by using IPBA teaching materials that is developed. To reach the goal of this research to use the 4-D model limited until develop stage. Results are analyzed by descriptive quantitative analyzing. The results showed that IPBA teaching materials is proper to be used in learning process for all aspects. Feasibility based on the results of the validation by experts include feasibility of syllabi is 81.33 %, lesson plans is 81.83 %, textbooks is 82.77 %, worksheets is 83.33 % and assessment sheets is 82.22 %. Feasibility of cognitive indicators of student’s result study is the increasing score of pre-test (6.67 % ) and post-test (86.67 %) which is achieve KKM after completed learning use the IPBA teaching materials developed. Feasibility of processes skills achievement increase from pre-test and post-test score is 33.33 % to be 67.78%.
Keywords: development of a teaching materials, IPBA, processes skills.
Published
2014-02-12
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27