Pengembangan Alat Peraga Sederhana Gerak Parabola Untuk Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Parabola
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v3n2.p%25pAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga, hasil belajar siswa, dan motivasi siswa terhadap pengembangan alat peraga sederhana gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model 4-D (four D model) dan pada uji coba terbatas menggunakan one group pre-test and post-test design. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Surabaya dan uji coba alat peraga dilakukan di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Sampel penelitian ini adalah 15 (lima belas) siswa dari kelas XI IPA. Data dikumpulkan melalui validasi alat peraga, tes dan angket. Validasi alat peraga dari dosen dan guru digunakan untuk menentukan kelayakan alat peraga. Tes digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk menentukan motivasi siswa terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kelayakan alat peraga sederhana gerak parabola sebesar 80,7% sehingga layak digunakan. (2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan alat peraga sederhana gerak parabola untuk memotivasi siswa pada pembelajaran fisika pokok bahasan gerak parabola mendapat nilai rata-rata siswa sebesar 82,6 dan peningkatan hasil belajar dengan nilai <g> mencapai 0,6 termasuk kategori peningkatan hasil belajar sedang. (3) Siswa termotivasi dalam pembelajaran menggunakan alat peraga sederhana gerak parabola dengan persentase angket motivasi siswa sebesar 84,8%. Dengan demikian, alat peraga sederhana gerak parabola layak digunakan dan dapat memotivasi siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Alat peraga sederhana, motivasi, pembelajaran fisika, gerak parabola
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

