Perbandingan Kemampuan Bernalar Fisika Siswa Laki-laki dan Perempuan SMA melalui Pendekatan Learning By Questioning

Authors

  • DYAH KUSUMAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bernalar siswa laki-laki dan perempuan melalui pendekatan LBQ serta mengetahui adanya perbedaan kemampuan bernalar siswa laki-laki dan perempuan. LBQ merupakan suatu strategi pembelajaran berbasis pertanyaan yang dikembangkan dari strategi berbasis pertanyaan yang sudah ada yakni Socrates method dan TEQ (Thinking Empowerment by Questioning). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dan jenis penelitian yang digunakan adalah causal comparative study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bernalar siswa berkategori baik melalui pendekatan LBQ. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis contingency coefficient didapatkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan bernalar siswa laki-laki dengan perempuan.

Kata Kunci: Learning By Questioning, kemampuan bernalar.

 

Abstract

This research aims to describe reasoning ability of men and women students SMAN 4 Sidoarjo through LBQ approach and know differences in reasoning ability of men and women students. LBQ is a question based strategy that developed from Socrates learning method and TEQ. The population is students grade X at SMAN 4 Sidoarjo and type of research is causal comparative study. The result of research show that student’s reasoning ability have good criteria through LBQ approach. Based on the result of research using contingency coefficient showed there are no significant differences between reasoning ability of men and women students.

Keywords: Learning By Questioning, reasoning ability.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

24-05-2014

How to Cite

KUSUMAWATI, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Bernalar Fisika Siswa Laki-laki dan Perempuan SMA melalui Pendekatan Learning By Questioning. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/8076
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 30