Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Pokok Bahasan Elastisitas Siswa kelas XI Di SMAN 1 Manyar
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v3n2.p%25pAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar siswa, aktivitas siswa, respon siswa serta kendala-kendala yang dihadapi peneliti saat diterapkannya model pembelajaran guided discovery. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Manyar yang seluruhnya berjumlah 90 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis n-gain score, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat, rencana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery ini dapat terlaksana dengan baik, aktivitas belajar siswa juga berkategori aktif dan respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery juga berkategori baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran guided discovery, hasil belajar siswa, aktivitas, respon siswa
Abstract
This research aims to describe differences of guided discovery learning model on the ability of student’s learning outcomes, students activities, student responses and contraints faced by researches when implementation of guided discovery learning model. The research’s subject is student’s class XI at SMAN 1 Manyar the amount of 90 students. The research design used is one group pre-test post-test design. Based on the results of studies using n-gain score, showed that the average scores obtained increased student learning outcomes, lesson plan with used guided discovery learning model can be well implemented, the activities learning students are also categorized as active and students’s responses to guided discovery learning model also either category.
Keywords: Guided discovery learning, student learning outcomes, student activities, student responses
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

