STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SD MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA

  • Erni Trisnawati

Abstract

Kepala Sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin siswa. Maka dari itu Kepala Sekolah harus membuat strategi yang bertujuan meningkatkan pendidikan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis; 1) Implementasi Pendidikan karakter disiplin di SD Muhammadiyah 15 Surabaya; 2) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin di SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dan pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian di SD Muhammadiyah 15 Surabaya menunjukkan (1)  implementasi pendidikan karakter disiplin dilaksanakan melalui penerapan program doktrin yang diimplementasikan dalam pembiasaan, yakni melalui pagi ceria, sholat dhuha berjamaah, tadarus al-quran, literasi, dan hafalan doktrin limas; (2) strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter disiplin yakni melalui (a) peneguran langsung yang dilakukan saat itu juga apabila siswa melakukan kesalahan dengan teknik  melalui guru kelas, guru BK, dan  kepala sekolah; (b) keteladanan, yang menjadi kunci dari keteladanan adalah para ustadz dan ustadzah dengan memberikan contoh langsung agar mudah untuk ditiru peserta didik antara lain  salam, kedisiplinan, cara berpakaian, dan datang tepat waktu; (c) penguatan lingkungan, pihak sekolah dan pihak keluarga harus bekerjasama dengan memegang prinsip NIPKK (Niat, Ikhlas, Percaya, Kerjasama, dan Koordinasi), buku penghubung, aplikasi whatsapp, dan pemasangan poster-poster di area sekolah. Ketiga strategi tersebut merupakan upaya yang dilakukan Kepala Sekolah untuk meningkatkan pendidikan karakter disiplin siswa.             

Kata kunci: Strategi kepala sekolah, Pendidikan karakter, Disiplin

Published
2017-05-17
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 340