PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER REYOG DI SMA NEGERI 2 PONOROGO

Authors

  • Luckita Haryana Pramasthi

Abstract

PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER REYOG

DI SMA NEGERI 2 PONOROGO

 

Luckita Haryana Pramasthi

Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

E-mail: Luckitapramasthi@gmail.com  

 

Murtadlo

Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Reyog merupakan kesenian lokal yang perlu dilindungi dan diwariskan secara turun temurun agar tetap memiliki eksistensi sebagai budaya lokal. Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler reyog di sekolah merupakan salah satu cara untuk melestarikan kesenian tersebut. Dalam penyelenggaraan ekstrakurikuler, dibutuhkan suatu pengelolaan agar kegiatan dapat berjalan efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler reyog di SMA Negeri 2 Ponorogo yang meliputi; 1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler reyog; 2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler reyog; 3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler reyog; 4) Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler reyog. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif pasif, studi dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) perencanaan kegiatan dilakukan melalui rapat koordinasi, perekrutan anggota, pembentukan dan pelantikan kepengurusan baru, pembuatan program kerja, penyusunan anggaran dana, serta penentuan jadwal kegiatan; (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler reyog dibagi berdasarkan jabatan dan kemampuan personil, struktur organisasi terdiri dari kepala sekolah, wakasek kesiswaan, pembimbing ekstrakurikuler reyog, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi pelatihan, seksi umum; (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler reyog meliputi pengaturan jadwal kegiatan, penyediaan sarana yang memadai, penyediaan anggaran dana, pendampingan dari pembimbing ekstrakurikuler, kendala yang muncul: (a) dana yang cukup tinggi; (b) banyak cabang ekstrakurikuler di sekolah; (c) peserta didik malas mengikuti latihan; solusinya adalah: (a) perencanaan anggaran dana di RAPBS; (b) pembimbing menyarankan agar peserta didik memprioritaskan kegiatan yang memiliki target terdekat; (c) adanya koordinator yang dibentuk oleh ketua ekstrakurikuler sebagai motivator; (4) pengawasan kegiatan ekstrakurikuler reyog dilakukan oleh wakasek kesiswaan dan pembimbing ekstrakurikuler reyog secara berkala dan berkelanjutan untuk mengetahui pengembangan dan perbaikan pelaksanaan kegiatan.

Kata kunci: Pengelolaan, Ekstrakurikuler Reyog

 

MANAGEMENT OF REYOG EXTRACURRICULAR ACTIVITY’S

IN SMA NEGERI 2 PONOROGO

Abstract

Reyog is a local art which has to be protected and inherited from generation to generation so that always has its existence as a local art. Reyog’s extracurricular activity organization is one way to continue that art. On that extracurricular organization, a management is needed to run the activity well. The goal of this research are to describe and analyze the management of reyog’s extracurricular activity in SMA Negeri 2 Ponorogo which includes; 1) reyog’s extracurricular activity planning; 2) reyog’s extracurricular activity organization; 3) reyog’s extracurricular activity implementation; 4) reyog’s extracurricular activity monitoring. This research uses qualitative approach with research planning in the form of case study. Data collecting uses semi structured interview, passive participative observation, documentation study. Data analyze uses data condensation, data serving, and conclusion pulling. Data validity check uses credibility test, transferability test, dependability test, and formability test. Research result shows that (1) activity planning is done through coordination meeting, recruitment, new management building and inauguration, making work program, budget drafting, and making schedule; (2) reyog’s extracurricular activity management divides based on position and capability of personnel, organization structure consists of principal, deputy principal of the student department, extracurricular reyog supervisor, chairman, vice chairman, secretary, treasurer, training section, general section. (3) the implementation of reyog extracurricular activity includes the arrangement of activity schedule, the provision of adequate facilities, the provision of budget funds, assistance from extracurricular counselors, the constraints that arise; (a) sufficiently high funds; (b) many extracurricular branches in school; (c) lazy learners following the training; the solution are; (a) budget planning in RAPBS; (b) the supervisor recommends the learners prioritize activities that have the closest target; (c) the coordinator formed by the extracurricular chairman as a motivator; (d) supervision of extracurricular activities of reyog done by deputy principal of the student department and supervisor of extracurricular reyog periodically and continuously to know the development and improvement of activity implementation.

Keywords: Management,  Reyog Extracurricular

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-15
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 92