Pencitraan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

  • Denny Hermawan Pradita

Abstract

Abstrak

Kondisi persaingan antar sekolah saat ini semakin atraktif, untuk itu sekolah selalu mengupayakan untuk meningkatkan citra sekolah sehingga dapat meningkatkan citranya. Pencitraan sekolah merupakan upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan reputasi positif melalui peningkatan partisipasi aktif masyarakat sekitar di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Pencitraan sekolah dilakukan melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pencitraan sekolah melalui komunikasi interpersonal, komunikasi internal, komunikasi eksternal, keefektifan pencitraan sekolah, dan penggunaan media humas yang digunakan dalam pencitraan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Upaya kerjasama dalam Pencitraan Sekolah dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam rangka membangun citra serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pencitraan sekolah, (2) Pihak humas SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam melakukan kegiatan pencitraannya mempunyai beberapa program, Program tersebut dilaksanakan melalui 3 komunikasi yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi internal, dan komunikasi eksternal, (3) Media yang digunakan humas SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dalam melakukan pencitraannya meliputi Kata-kata yang tercetak (the printed word) kata-kata lisan (the spoken word).

Kata Kunci: Pencitraan Sekolah, partisipasi aktif masyarakat, penggunaan media pencitraan. 

 

THE SCHOOL IMAGING IN EFFORTS TO INCREASE THE INTEREST OF NEW STUDENTS (THE CASE STUDY IN SENIOR HIGH SCHOOL OF MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA)

Abstract

The condition of competition among schools to day are  more attractive. Moreever  school always effort for increasing school image for increase the positive reputation through increasing the participation actively the school citizens in Senior High School of Muhammadiyah 2 Surabaya. School image is being implemented through interpersonal communications, internal communications, external communications, the school image effectiveness, and using the public relation’s media those be used in the school image. This research used a qualitative approach with descrpitive method and study case as its design. The collecting data techniques used interviews, observes, and documentation studies. The data was analyzed with using data reduction, data serving, and data verification. The data validity’s check  be used with credibility, transferbility, dependability, and confirmability.

The results from this research are: (1) The efforts of cooperation in the School Image those be done by Senior High School of Muhammadiyah 2 Surabaya in order to develop the image, and increase the citizen outside school’s participation actively through school image activities.  (2) Senior High School of Muhammadiyah 2 Surabaya Public Relation Staff, in order to image programs, has some programs that be implemented through 3 communications, those are interpersonal communications, internal communications, external communications. (3) The media that be used by Senior High School of Muhammadiyah 2 Surabaya’s Public Relation Staff in order to implementation the School Image comprise in the printed words and the spoken words.

Keywords: School Image, Citizen’s Participation Actively, Using a Image Media.

Published
2017-09-29
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 144