PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SHAFTA SURABAYA

Authors

  • ELLYS MARDIANA
  • MUHAMAD SHOLEH

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu iklim sekolah dan pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel iklim sekolah dan pendidikan karakter baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel hasil belajar siswa di SMP Shafta Surabaya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar angket yang di sebar kepada 115 responden beserta data nilai rapor responden. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel iklim sekolah terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pendidikan karakter terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel iklim sekolah dan variabel pendidikan karakter terhadap variabel hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,749 yang berarti bahwa iklim sekolah dan pendidikan karakter di SMP Shafta Surabaya memiliki pengaruh 74,9% terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: hasil belajar siswa, iklim sekolah, pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 33