PENGELOLAAN ELECTRONIC PUBLIC RELATIONS (E-PR) DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA MELALUI DIGITAL LEADER MANAGEMENT (STUDI KASUS PADA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG)

  • Masruroh Ruroh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengelolaan Electronic Public Relations (E-PR) sebagai upaya untuk meningkatkan Citra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang dilakukan oleh Dekan melalui Digital Leader Management. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini uji keabsahan dilakukan dengan menggunakan metode member check. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan Electronic Public Relations (E-PR) dalam meningkatkan Citra Lembaga yakni: 1) Optimalisasi pengelolaan Instagram, 2) Pengembangan terhadap konten media sosial, 3) Optimalisasi terhadap pengelolaan sistem pelayanan mahasiswa pada website resmi Fakultas. Pelaksanaan Electronic Public Relations (E-PR) yakni meliputi: 1) Mengoptimalkan pengelolaan Instagram dan website sebagai sarana untuk publikasi berita, 2) Mengembangkan dan menjaga media yang digunakan untuk melakukan publikasi berita, 3) Memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada publik. Evaluasi dari perencanaan dan pelaksanaan Electronic Public Relations (E-PR) yakni: 1) Media website menunjukkan bahwa kegiatan publikasi berita dan informasi dilakukan dengan cukup baik, 2) Media sosial Instagram mulai aktif melakukan publikasi berita dan jumlah followers semakin meningkat, 3) Dokumentasi kegiatan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dapat dipublikasikan dengan cukup baik meskipun SDM yang dimiliki dirasa masih kurang memadai.

This research discusses the management of Electronic Public Relations (E-PR) as an effort to improve the image of the Faculty of Education, Padang State University, carried out by the Dean through Digital Leader Management. The type of research used by researchers in this research is a qualitative descriptive method with data collection methods in the form of observation, interviews and documentation. In this research, the validity test was carried out using the member check method. The results of this research show that Electronic Public Relations (E-PR) planning in improving the Institution's Image is: 1) Optimizing Instagram management, 2) Developing social media content, 3) Optimizing the management of the student service system on the Faculty's official website. Implementation of Electronic Public Relations (E-PR) includes: 1) Optimizing the management of Instagram and websites as a means for news publication, 2) Developing and maintaining the media used to publish news, 3) Providing clear and accurate information to the public. Evaluation of the planning and implementation of Electronic Public Relations (E-PR), namely: 1) Website media shows that news and information publication activities are carried out quite well, 2) Instagram social media is starting to actively publish news and the number of followers is increasing, 3) Documentation The activities of the Faculty of Education, Padang State University can be published quite well even though the human resources they have are considered to be inadequate.

Published
2024-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 3