MANAJEMEN KURIKULUM DI SMP NEGERI 2 MOJOAGUNG JOMBANG

  • INDAH WAHYU SUKMAWATI

Abstract

 

 

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan kurikulum SMP Negeri 2 Mojoagung Jombang, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum SMP Negeri 2 Mojoagung-Jombang, (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan  evaluasi kurikulum SMP Negeri 2 Mojoagung-Jombang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena dengan rancangan studi kasus akan mengungkap secara deskriptif semua fenomena, kejadian, masalah di suatu lokasi penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi,(2) wawancara mendalam, (3) studi dokumentasi.Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data mnggunakan triangulasi data.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,verifikasi atau kesimpulan.Kesimpulan penelitian ini adalah    (1) perencanaan kurikulum di SMP Negeri 2 Mojoagung Jombang meliputi: (a) dilaksanakan Sebelum awal tahun ajaran pelajaran; (b) Bertujuan untuk menentukan pemilihan tujuan pembelajaran; (c) Dinas pendidikan di wakili oleh salah satu pengawas sekolah, semua stake holder;       (d) Kegiatan perencanaan dimulai dari permulaan tahun pelajaran; (e) terdapat langkah perencanakan kurikulum; dan        (f) Perencanaan kurikulum yang diawal pembelajaran;    (2) pelaksanaan kurikulum di SMP Negeri 2 Mojoagung Jombang meliputi: (a) Dilakukan oleh guru mata pelajaran; (b) Pelaksanaan pengelolaan ada monitoring dan evaluasi;                     (c) Pelaksanaan kurikulum dalam pembagian tugas guru; (d) Pelaksanaan kurikulum di monitoring oleh kepala sekolah;    (e) Pelaksanaan kurikulum dalam proses (KBM) sesuai dengan Silabus dan RPP; (3) evaluasi kurikulum di SMP Negeri 2 Mojoagung Jombang meliputi: (a) Dilaksanakan sesuai jadwal; (b) Evaluasi kurikulum dilakukan di akhir semester; (c) Diperlukan agar tidak terjadi penyimpangan; (d) Dilakukan untuk memantau, dan meningkatkan siswa; (e) Dilakukan koordinasi dengan Tim pengembang kurikulum dan kepala sekolah; (f) Melakukan tahap-tahap dalam evaluasi kurikulum; (g) untuk mengukur tercapainya tujuan program kurikulum.

 

Kata kunci: manajemen.kurikulum.

Published
2014-01-23
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 121