PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG CUACA DAN IKLIM UNTUK KELAS V DI SDN MARGOREJO V SURABAYA
Abstract
Perkembangan Teknologi yang semakin meningkat khususnya pada teknologi komputer sangat berpengaruh dan berperan penting dalam dunia pendidikan. Penggunaan media dalam pembelajaran dengan bantuan komputer atau sering disebut juga computer assisted instructional (CAI) sangat mendukung siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri. Media CAI ini disajikan dengan menggabungkan beberapa unsur antara lain: teks, grafis, video dan animasi sehingga dapat menarik perhatian serta minat siswa untuk menggunakanya. Media komputer Pembelajaran ini bertujuan untuk membentuk dan mengarahkan pola pemikiran peserta didik menjadi lebih berkembang yang tadinya abstrak menjadi konkrit. Model dan prosedur pengembangan yang digunakan pengembang adalah model Arif Sadiman (2008). Pelaksanaan uji coba dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: tahap awal dilakukan uji coba dengan review ahli materi dan ahli media, tahap kedua uji coba dengan perorangan, tahap ketiga uji coba dengan kelompok kecil dan tahap terakhir uji coba dengan kelompok besar. Instrument pengumpulan data penelitian adalah wawancara dan angket serta teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Jenis data kualitatif berbentuk masukan, tanggapan serta saran, sedangkan kuantitatif diperoleh dari hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan menggunakan angket penilaian terhadap program CAI tersebut. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SDN Margorejo V Surabaya dengan sampel siswa kelas Va dapat disimpulkan bahwa penilaian yang diperoleh dari wawancara dengan ahli materi tentang media komputer pembelajaran ialah sangat baik, sedangkan hasil wawancara dengan ahli media tentang media komputer pembelajaran juga sangat baik. Untuk hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang diperoleh melalui angket mendapatkan rerata 3,14, 3,42 dan 3,14 yang berarti jika dikonsultasikan menurut pedoman kriteria dari Suharsimi Arikunto maka dikategorikan sangat baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu perlu adanya alat bantu yang berupa media komputer pembelajaran mata pelajaran IPS tentang Cuaca dan Iklim untuk kelas V di SDN Margorejo V Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan media komputer pembelajaran, mata pelajaran IPS, Cuaca dan Iklim
Abstract
Abstranct The development of technology is increasing, especially in computer technology is very influential and important role in education. The use of media in learning with the aid of a computer or often referred to as computer assisted instructional (CAI) is very supportive of students in the learning process independently. CAI media is presented by combining several elements such as: text, graphics, video and animation so as to attract the attention and interest of students to use it. Media Computer Learning aims to establish and direct the thinking patterns of students that had grown to more abstract becomes concrete. Models and procedures used development is a model developer Sadiman Arif (2008). Implementation of the trials conducted by several stages: early stage trials conducted by expert review of materials and media experts, the second stage of the individual trials, the third phase of testing with a small group and the last stage trials with a large group. Research data collection instrument was a questionnaire and interviews and data analysis techniques used by the researchers consisted of qualitative and quantitative data. Qualitative data in the form of input, comments and suggestions, while the quantitative results obtained from individual testing, small group testing and test large groups using a questionnaire assessment of the CAI program. The results of the research that has been done in SDN Margorejo V Surabaya samples Va grade students can be concluded that the assessment was obtained from interviews with experts on computer media learning material is very good, while the results of interviews with media experts on computer media is also very good learning. For the results of individual testing, small group testing and testing large group obtained through a questionnaire to get a mean of 3.14, 3.42 and 3.14 which means if consulted according to the guidelines of the criteria Suharsimi Arikunto then categorized very well. The development research aims to answer the problem formulation, namely the need for tools such as computer media social studies learning about the weather and climate for the fifth grade at SDN Margorejo V Surabaya.
Keywords: The development of computer media learning, social studies, Weather and ClimateDownloads
Downloads
Published
Issue
Section

