EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SDN DAERAH BINAAN 6 KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR
Abstract
Perubahan kurikulum merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang diberlakukan telah mengalami beberapa kali perubahan. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah Kurikulum 2013 untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Namun kemunculan kurikulum 2013 belum di implementasikan ke semua sekolah, hanya sekolah tertentu saja yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 dan salah satunya yaitu SDN daerah binaan 6 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Pelaksanaan pembelajaran tematik merupakan salah satu ciri dari kurikulum 2013 dimana pembelajaran tematik tersebut dilaksanakan di di semua jenjang dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMA. Hal tersebut yang sering menimbulkan masalah dalam mengaitkan antar mata pelajaran dengan tema yang telah di tentukan khususnya pada pihak guru selaku pelaksana dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik kelas III di SDN daerah binaan 6 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Objek penelitian ini adalah terdiri dari 3 sekolah yaitu SDN Pojok 01, SDN Pojok 02, dan SDN Ponggok 02. Setiap guru dari 3 sekolah tersebut mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mengajar. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi dari instrumen dari PLPG untuk menilai kinerja guru dalam mengajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis interaksi dengan pengolahan data menggunakan model Countenance Stake.
Hasil analisis data menunjukkan Di SDN Pojok 01 Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas III mendapatkan nilai pembobotan 4,25, di SDN Pojok 02 Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas III mendapatkan nilai pembobotan 4,667 dan di SDN Pojok 02 Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas III mendapatkan nilai pembobotan 4,417.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa di SDN Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengaitkan setiap mata pelajaran satu dengan yang lainya dalam setiap kegiatan pembelajaran dan pemanfaatan media yang masih kurang sehingga dalam proses pembelajaran guru masih belum bisa maksimal dalam menerapkan kegiatan pembelajaran tematik.
Kata kunci : Evaluasi, Pembelajaran tematik.
ABSTRACT
Curriculum change is the government's efforts to improve the quality of education in Indonesia. Imposed curriculum has undergone several changes. Current curriculum is the curriculum in 2013 to enhance the curriculum before the Education Unit Level Curriculum (SBC). But the appearance of a curriculum in 2013 has not been implemented to all schools, only certain schools are already implementing the curriculum in 2013 and one of them is the District 6 area built SDN Ponggok Blitar. Implementation of thematic learning is one of the characteristics of the curriculum in 2013 which was conducted in thematic learning at all levels from grade 1 to grade 3 school. This is often a problem in linking between subjects with a theme that has been set particularly on the part of teachers as implementers in learning activities.
The purpose of this study is to describe the implementation of thematic learning class III in the District 6 area built SDN Ponggok Blitar. Object of this study is comprised of three schools namely SDN Pojok 01, SDN Pojok 02, and SDN Ponggok 02. Each teacher of the 3 schools have different abilities in teaching. Retrieval of the data used in this study is adopted from the instrument of PLPG to assess the performance of teachers in teaching.
The research method used in this research is descriptive quantitative method. Data collection using observation, interviews, and documentation. Analysis of the data using the method of interaction analysis by processing the data using a model Countenance Stake.
The results showed In SDN Pojok 01 Thematic Learning Implementation Class III weighting scores of 4.25, in SDN Pojok 02 Thematic Learning Implementation Class III scores and weighting 4.667 SDN Ponggok 02 Class III Thematic Learning Implementation obtain weighting value 4.417.
The conclusion of this study indicate that in the District SDN Ponggok Blitar some teachers have difficulty in aligning each subject with each other in each learning activity and the use of media that is still less so in the learning process of teachers still have not been maximized in implementing thematic learning activities.
Keywords : Evaluation, Learning thematic.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

