Authors

  • DEVI DWI CAHYANTO

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak dan dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.Dalamkegiatan pengembangan kemampuan anak, untuk mencapai tujuan pembelajaran media dipandang sebagai suatu sistem integral yang mempunyai peranan penting.Media mampu merangsang minat siswa dalam memahami materi dan penvisualan materi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media videopembelajaran konsep bilangan “Bermain dengan Angka” dalam proses belajar siswa khususnya dalam perkembangan kemampuan kognitif siswa tentang pengenalan konsep bilangan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian True Eksperimental Control group pretest – post test, yaitu dengan subyek penelitian 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini menggunakan  observasi dan tes. Berdasarkan hasil data observasi proses pemanfaatan video konsep bilangan diperoleh nilai rata-rata 91,06% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 94.22%untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria Baik Sekali. Dan Untuk hasil analisis data tes dengan uji anava 1 jalur nilai pretest diperoleh hasil ≤ , atau 1,08 ≤ 3,06 dan untuk nilai post test diperoleh ≥ , atau 43,39 ≥ 4,82 maka dari itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan media video pembelajaran meningkatkan hasil belajar secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional dan LKA pada proses perkembangan kemampuan konsep bilangan di kelompok A TK Al Hidayah Krembangan Surabaya.

Kata Kunci: Pemanfaatan, Media VideoPembelajaran, Pengenalan konsep bilangan

 

Abstract

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) is the such a coaching effort addressed to children and implemented by giving education stimulus to support the growth and the development of the childs. In the implementation of the development of children’s ability aiming to achieve learning goal, media is seen as the integral system which has an important role. Media is able to stimulate students’ interest in understanding the contextualization and visualization material. This study aims to understand the benefit of the media of instructional video of numeral concept “Bermain dengan Angka” in student’s learning process especially in the development of student’s cognitive ability regarding the introduction of numeral concept. The design of the study used is TrueExperimental Control group pretest – post test with 2 experimental classes and 1 control class as the subject of the study. The result of data analysis, according to the observation in experimental class in the process of the utilization of the concept of the number video obtained the average value is 91,06 % for teachers and obtained the average value is 94.22 % for students. For the results of the analysis of test data with ANOVA 1 line pretest values ??obtained results Farithmetic ≤ Ftable, or 1.08 ≤ 3.06 and post-test values ??obtained for  Farithmetic ≥ Ftable, or 43.39≥ 4.82 therefore, with 5% of significant level, it shows that there is an increasing of significant learning outcome in the post-treatment.The conclusion of this study shows that the treatment using the media of instructional video improves the learning outcome more significantly than the one using conventional method and LKA in the process of the development of numeral concept ability in group A TK Al Hidayah, Krembangan, Surabaya.

 

Keywords:Utilization, the media of instructional video, The introduction of the concept numbers

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-18
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 24