Authors

  • AMINAH

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan awal (wawancara) di SD Al-Fatah Surabaya ditemukan permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar pada materi keragaman suku bangsa dan budaya, guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan media peta serta buku paket yang hanya dimiliki oleh guru, sehingga dalam  proses pembelajaran tersebut sulit diterima oleh siswa. Dari permasalahan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran di SD Al-Fatah Surabaya khusunya kelas V, membutuhkan sebuah media yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan alasan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media komputer pembalajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada  tema indahnya kebersamaan sub tema keragaman budaya bangsaku.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan gabungan R&D dan Burg and Gall. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan tes.  Hasil ujicoba validasi kelayakan media komputer pembelajaran oleh ahli materi dengan hasil persentase 90% termasuk  kategori sangat baik, ahli media dengan persentase 82.2% termasuk kategori sangat baik dan hasil persentasi uji coba produk rata-rata termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa pada penggunaan media komputer pembelajaran diperoleh d.b = 32-1=31 sehingga diperoleh t tabel 2,04 dan t hitung 11,54. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,04 < 11,54. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan median komputer pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan sub tema keragaman budaya bangsaku kelas V SD Al-Fatah Surabaya.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran, Hasil Belajar,Indahnya Kebersamaan,  Keragaman Budaya Bangsaku

Abstract

Based on the initial pilot study through interview, it is found that issues of student learning outcomes was decreases in the material of ethnic and cultural diversity. Teachers only use lecturing method. The media of learning were map and a book that was only own by the teacher, so that the learning process is difficult to be accepted by students. It is indicated that learning activities in the fifth grade of SD Al-Fatah Surabaya has problem. It requires a medium that can be used as supported factor that can be used by teachers and students. Thus, the purpose of this research is to produce a computer media which will help the teacher to improve students outcomes in material and cultural diversity of ethnic groups in Indonesia.

 

This research used a combination of R & D and Burg and Gall. The data were qualitative and quantitative. The data collection methods were interviews, questionnaires, and tests. The results of the validation feasibility test by a material expert was 90% (very good). Validation of the results obtained by media experts was 82.2% (very good). The  average of total result was in the excellent category. Based on the results, it is acquired db = 32-1 = 31, so the t tables was 2.04 and t-count was 11.54. If the t-table < t-test, thus 2.04 < 11.54. It can be concluded that there is a significant influence in the use of computer media to improve student learning outcomes in the material  of cultural diversity in Indonesian for the fifth graders of SD Al-Fatah Surabaya.

Keywords: Development, Computer Learning Media, Learning Outcomes, Ethnics and Cultural Diversity, Social Sciences

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-12-30

How to Cite

AMINAH, . (2014). Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10188
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 29